19 Juni, 2009

Honda Beat speck down Honda Vario

Banyak sekali strategi pemasaran yang diambil oleh para pabrikan otomotif dunia, salah satunya adalah dengan melakukan spek down.

“Spek down” diambil bila sebuah pabrikan merasa persaingan pasar amat ketat, memang langkah yang berat tapi tetap harus diambil.

Contoh yang gampang saat ini adalah keluarnya Honda beat, skuter matic yang dikenal dengan nama honda icon di Thailand, akhirnya masuk juga kedalam pasar otomotif Indonesi.

Coba Bandingkan spesifikasi kedua Honda ini ngga jauh berbeda, namun mampun memangkas harga yang cukup signifikan. Perhatikan Bagian yang memiliki tulisan tebal

Berikut adalah data spesifikasi teknis Vario.

Honda Vario Merah

Generasi baru Vario

Tipe suspensi depan : Teleskopik
Tipe suspensi belakang : Lengan ayun dengan sokbreker tunggal

Ukuran ban depan : 80/90 – 14 M/C 40P
Ukuran ban belakang : 90/90 – 14 M/C 46P

Rem depan : Tipe cakram hidrolik dengan piston ganda
Rem belakang : Tromol

Tipe mesin : 1 silinder, 4 Langkah, SOHC Pendingin dengan cairan (liquid cooled)
Diameter x langkah : 50,0 mm x 55,0 mm
Volume langkah : 108 cc
Perbandingan kompresi : 10,7 : 1
Daya maksimum : 8,99 PS / 8000 rpm
Torsi maksimum : 0,86 kgf.m / 6.500 RPM
Kapasitas oli mesin : 0,7 Liter pada penggantian periodik
Karburator : VK22 x 1

Kopling Otomatis : Otomatis sentrifugal, tipe kering
Gigi transmsi : Otomatis, V-Matic

Starter : Pedal dan elektrik
Aki : 12 V – 3,5 Ah
Busi : ND U22FER9 / NGK CR7EH-9
Sistem pengapian : DC – CDI, baterai

Berikut adalah data spesifikasi teknis Beat.

Honda Beat ThailandHonda Beat Indonesia

Tipe suspensi depan : Teleskopik
Tipe suspensi belakang : Lengan ayun dengan sokbreker tunggal

Ukuran ban depan : 80/90 – 14 M/C 40P
Ukuran ban belakang : 90/90 – 14 M/C 46P

Rem depan : Cakram hidrolik, dengan piston tunggal
Rem belakang : Tromol

Tipe mesin : 1 silinder, 4 Langkah SOHC, pendinginan kipas
Diameter x langkah : 50 x 55 mm
Volume langkah : 108 cc
Perbandingan kompresi : 9,2 : 1
Daya maksimum : 8,22 PS / 8.000 rpm
Torsi maksimum : 0,85 kgf.m / 5.500 rpm
Kapasitas Oli mesin : 0,7 liter pada penggantian periodik

Kopling Otomatis : Otomotis, Sentrifugal, type kering
Gigi transmsi : Otomatis, V-Matic

Starter : Electric & Kick Starter
Aki : NF Battery, 12 V – 3,5 Ah
Busi : ND U 24 EPR9 / NGK CPR8 EA-9
Sistem pengapian : DC – CDI, Battery

Dalam hal ini jelas Honda Vario masih lebih unggul, namun dirasa tidak memiliki pesaing. Teknologi yang dianut Honda Vario tidak akan ketinggalan jaman untuk 2-3 tahun kedepan.

Namun pasar skuter matic sangat ramai sekarang ini, tidak hanya kaum wanita yang masuk dalam survey penjualan skuter matic, ternyata kaum adam juga menyukainya.

Maka dari itu Honda menelurkan Varian terbarunya Honda Beat untuk meramaikan persaingan bebek matic, yang konon katanya penjualan sampai tengah tahun masih dipegang oleh yamaha dengan yamaha mio.

Persaingan teknologi sangat baik untuk iklim industri otomotif indonesia, selama persaingan itu sehat dan memajukan teknologi otomotif indonesia

Gimana penonton… setuju.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar